Masa Persiapan Pensiun, Training Pensiun, Pelatihan Pensiun, Program Seminar Pensiun

Tuesday, August 12, 2014

Bagaimana Aktivitas Anda di Usia Pensiun? | ESQ Masa Persiapan Pensiun | Lembaga Training Terbaik


Apa yang bisa dilakukan seseorang di masa persiapan pensiun-nya, adalah mencerminkan kehidupan di masa mudanya. Seorang yang di masa bekerjanya sibuk mengerjakan banyak hal, biasanya di masa tuanya pun masih bisa menjalankan berbagai aktivitas, bahkan ia akan senantiasa mencari kesibukan lain lagi. Namun seseorang yang kurang produktif dan tidak memiliki kemampuan manajemen waktu di masa mudanya maka akan makin tidak produktif di masa pensiunnya.

Hal itu bisa kita perhatikan di lingkunagan masyarakat sekitar. Bahwa orang-orang yang masih kuat di masa persiapan pensiun-nya adalah orang-orang yang rajin bekerja. Bukan hanya badan dan otot serta tulangnya yang kuat, namun juga pikirannya masih bisa dapat memilirkan banyak hal. Sedangkan orang yang biasa bermalas-malasan, tidak giat bekerja maka di usia tuanya akan makin malas dan tidak menghasilkan apa-apa.

Kita bisa belajar dari apa apa yang dilakukan seorang wanita Skotlandia. Ia berusia 91 tahun namun telah meminjam buku hampir 25 ribu buku dari perpustakaan. Hal itu ia lakukan dalam rentang waktu lebih dari 61 tahun. Yang menarik dalam seminggu, ia rata-rata meminjam enam buah buku, namun semakin tua makin meningkat dalam seminggu ia meminjam 12 buah buku dalam satu pekan.Selama meminjam buku ke perpustakaan ia juga tidak pernah terlambat mengembalikannya.

Di negara-negara maju, pemandangan para lansia di masa pensiunnya membaca buku menjadi hal yang biasa. Banyak manfaat saat seseorang di usia lanjut masih aktif membaca. Selain mengisi waktu luang dan mendapatkan ilmu dan pengalaman, membaca ternyata dapat membuat seseorang terhindar dari risiko kepikunanan. Lihatlah para tokoh yang masih aktif berpidato, berceramah di forum-forum, mereka jarang pikun meski usianya sudah lanjut.

Kembali ke kisah Louise Brown, apa yang dilakukannya di masa tua membuktikan bahwa yang apa dilakukan seseorang di masa tua atau masa pension seseorang mencerminkan apa-apa yang dilakukan di masa mudanya. Anda bisa memprediksi masa tua Anda dengan menilai aktivitas Anda saat ini. Jika Anda biasa memiliki jadwal padat mampu menyelesaikan banyak hal dalam satu hari, maka boleh jadi Anda akan masih mampu melakukan banyak hal di masa tuannya.

Karena itu hati-hatilah menjalakan aktivitas sehari-hari saat muda, jangan sampai terlalu banyak berleha-leha dan banyak waktu terbuang. Kegiatan hiburan memang penting untuk menyeimbangkan dengan kesibukan.  Rencanakan dan manage aktivitas dan ritme kerja yang teratur dan produktif, agar masa tua atau masa persiapan pensiun Anda tidak sia-sia. Anda tetap dapat menyumbankan pikiran dan tenaga Anda bagi sehingga tetap dapat memberi manfaat dan kontribusi. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ahmad, Thabrani)” -Ida S. Widayanti

Info Training Masa Persiapan Pensiun Untuk Perusahaan

Hubungi   0816 772 407
Twitter    @ESQMPP

Masa Persiapan Pensiun